Skip to main content

Dedicated to Anak Jalanan

Bertemu dengan anak jalanan di berbagai tempat umum saat ini seolah sudah lumrah terjadi. Ada beberapa diantara mereka yang memang masih bersekolah, tetapi banyak juga yang putus sekolah. Kehidupan di jalanan sudah pasti tidak layak dan sangat keras. Kemiskinan yang menjerat dan pendidikan yang minim membuat anak jalanan memiliki mental dan fisik melebihi kapasitas mereka sebagai anak-anak. Ada juga beberapa di antara anak jalanan yang pergi ke jalan disebabkan oleh kondisi keluarganya yang bermasalah (broken home) sehingga mereka tidak betah di rumah. Terbiasa kelelahan, merasakan sulitnya menghasilkan uang, bertemu dengan orang-orang yang mengancam keselamatan, hingga menyaksikan kejadian buruk selama di jalanan.

Masa usia mereka adalah masa-masa dimana individu mengalami transisi dari anak-anak menuju dewasa, melakukan pencarian identitas, dan melalui berbagai perubahan fisik maupun psikis. Masa ini pula merupakan masa munculnya perbuatan yang mencakup hukum, obat-obatan, dan seksual, sehingga jika masa ini terganggu, mereka akan melakukan pelanggaran terhadap perbuatan-perbuatan itu. Apalagi di jalanan, dengan lingkungan dan modeling yang sebegitu kerasnya, tidak sedikit anak jalanan yang sudah melakukan seks bebas (sampai menderita infeksi menular seksual seperti gonorrhea, dll), mengkonsumsi obat-obatan (mulai dari ngelem dengan aibon, lem fox, spiritus, bahkan bensin), dan juga melakukan pelanggaran hukum seperti mencuri.

Melihat fenomena di atas saya merinding membayangkan, mau jadi apa mereka saat besar nanti? Bagaimana jadinya generasi penerus bangsa kita? Is this our next generation?

Yang telah saya lakukan untuk mereka diantaranya ikut melakukan pengambilan data awal pada dauroh anak jalanan (dengan peserta 28 anak jalanan dari daerah Tegallega dan Pasar Baru) dengan wawancara dan tes grafis (itupun dengan hasil yang masih belum maksimal karena sulitnya mereka mengikuti prosedur) bersama Kabemapsi UIN Sunan Gunung Djati, ikut memberikan pengobatan gratis bersama teman-teman saya dari latar belakang pendidikan medis (dari Volunteer Doctors), dan bekerjasama dengan tim relawan lain dari Gamais ITB, Forum Indonesia Muda, dll dalam menyukseskan acara dauroh itu (Ini cikal bakal berdirinya Kampus Peduli sepertinya :D).

Yang bisa saya lakukan untuk mereka selanjutnya diantaranya melakukan pendampingan minimal seminggu sekali dengan kegiatan bermain, belajar, curhat bareng, dll yang bertujuan untuk mengarahkan mereka ke hidup yang lebih baik secara bertahap; melakukan pemeriksaan medis berkala khususnya bagi penderita IMS; mengumpulkan sumbangan dari berbagai kalangan seperti pakaian, buku, dll, berpartisipasi dalam kegiatan di rumah belajar, mencari rumah singgah yang sudah ada dan ikut berkontribusi di dalamnya atau mendirikan rumah singgah sendiri.

Untuk program yang lebih besar lagi, saya ingin mendirikan sekolah anak jalanan dengan sistem seperti boarding school, sehingga seluruh kegiatan mereka terpusat disini. Tetapi tentunya dengan kurikulum yang ‘berbeda’ dari anak biasanya, karena mereka akan sulit menaati peraturan dan sudah nyaman hidup di jalanan. Inilah yang menjadi tantangan bagi saya dan rekan-rekan dalam menjalankan sekolah ini nantinya.


(Ini salah satu aktivitas saya ketika menjadi mahasiswa dulu, sekarang? Insya Allah sedang dilanjutkan oleh adik-adik saya di Kampus Peduli dan Volunteer Doctors. Semangat mengabdi kawan!)

Comments

Popular posts from this blog

Download Komik

Saya pengunjung setia onemanga , tetapi saat ada kabar kalo web itu akan segera RIP karena ga boleh nampilin komik gratis. Saya segera kebingungan dan konsultasi ke Mbah Google . Saya mendapatkan web manga gratisan yang bisa mendownload lebih praktis, karena sekali download untuk 1 volume. Saya mewakili pecinta One Piece yang lain sangat berterima kasih. Saya bukannya mendukung gratisan, karena saat saya punya dokunya juga saya koleksi tuh komiknya. Tapi kalo kepepet dan penasaran saya ga bisa dibendung lagi, apamau dikata.. :-) Website yang baik hati ini yaitu Manga Traders . Tapi sebelumnya kita harus mendaftar dulu dengan klik disini . Hidup Komik dan Manga!!!

Dan Ku Bisa dengan Radarku Menemukanmu, LPDP

Sudah saya bilang sebelumnya kalau Pembibitan itu bukan awal dari perjalanan saya tapi ia adalah awal dari ketetapan hati saya untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Sebelumnya saya sudah memastikan bahwa saya akan bersekolah di dalam negeri saja, mengingat kondisi saya yang sudah “turun mesin”. Padahal sebelumnya lagi, sejak kecil saya menggebu-gebu ingin sekolah ke luar negeri, sampai saya mengoleksi lirik lagu bahasa Inggris (catat, bukan kaset atau CD-nya, melainkan catatan liriknya, haha), beraniin diri datang ke pameran sekolah Kanada di hotel bintang lima yang notabene di tahun itu masih langka dan yang hadirnya itu orang kaya semua, ikutan kursus bahasa Inggris yang murah bareng temen se-geng, nangis-nangis pengen kursus bahasa Inggris yang bonafid dan mahal tapi nggak diizinin Ibu Suri (tapi Alhamdulillah akhirnya dapat kesempatan ikut Pembibitan) dan sampai di awal kuliah: majang foto gedung departemen psikologi-nya Stanford University di wallpaper netbook (meski sampa

My Second Scientific Performance: 8th World Congress of Behavioural and Cognitive Therapies 2016

Sejak awal kuliah master di pertengahan 2014 lalu, saya udah mulai hunting conferences yang kira-kira bisa saya coba untuk daftar. Perburuan tersebut terus berlangsung sampai 2015. Salah satu ketentuan pembiayaan LPDP adalah at cost tapi tidak lebih dari Rp 15.000.000,- Saya berburu lebih kencang lagi karena kalau Eropa, US, dan negara lainnya, 15juta mungkin hanya cukup untuk tiket pesawat saja. Salah satu alternatif lokasi paling realistis adalah Australia, negara terdekat dari New Zealand. Mulailah saya fokus mencari events di negeri kangguru itu, dan menemukan informasi the 8th World Congress of Behavioural and Cognitive Therapies (WCBCT) yang akan diadakan di Melbourne. Event lain yang saya pertimbangkan adalah The 23rd Congress of the International Association for Cross-Cultural Psychology di Nagoya, Jepang. Tapi kongres tersebut akan dilaksanakan di tanggal yang melewati masa kontrak beasiswa saya dengan LPDP. Maka fokuslah saya terhadap WCBCT dan berdoa sekuat tenaga semoga All