Skip to main content

Semester Terakhir di Postgraduate Diploma

Sebelumnya saya mau cerita soal skema studi yang harus saya lalui di Auckland Uni ini. Jadi studi master dengan total 2 tahun itu terdiri dari 1 tahun Postgraduate Diploma (PGDip) yang terdiri dari perkuliahan di kelas dan 1 tahun Master dengan penelitiannya. Jika nilai PGDip mencukupi, barulah saya diizinkan untuk lanjut ke Master. Alhamdulillah, meskipun dengan perasaan tegang sepanjang waktu karena di semester lalu nilai saya sedikit kurang memenuhi syarat, akhirnya di semester ini hasilnya lebih baik dan sayapun masih diberi kesempatan untuk melanjutkan Master. Berdasarkan pengalaman belajar semester sebelumnya, saya jadi lebih berhati-hati dalam memilih mata kuliah yang akan diambil di semester kedua ini. Kriteria yang saya pertimbangkan diantaranya:

  1. Tingkat ketertarikan saya terhadap mata kuliah tersebut. Dengan cinta, akan semakin mudah untuk memahami, cieee. Di semester ini, paper yang menarik perhatian saya diantaranya topik penelitian (karena nyambung juga dengan kelanjutan studi), psikologi politik, dan psikologi kematian. Sebenarnya saya tertarik juga dengan psikologi forensik, namun syarat untuk mengikuti paper ini adalah saya harus terdaftar di peminatan klinis, dimana bidang ini hanya dikhususkan untuk penduduk NZ saja.
  2. Bobot penilaian. Saya menyadari bahwa kelemahan terbesar saya adalah Bahasa, maka penilaian-penilaian singkat seperti exam akan lebih beresiko untuk saya ketimbang penilaian berjangka semacam tugas dan proposal akhir. Ketiga mata kuliah yang saya ‘kecengin’ nampaknya cukup menyeimbangkan porsi kerja saya: Political Psychology yang terdiri dari 100% coursework dengan komponen partisipasi kelas, essay, dan proposal akhir; Psychology of Death and Dying yang terdiri dari 30% seminar dan 70% exam; dan Research Topic yang terdiri dari 100% coursework. Sehingga, tugas akhir saya nantinya terdiri dari 1 proposal, 1 exam, dan 1 research report. Susunan seperti ini membuat saya lebih bisa bernafas ketimbang semester lalu yang penilaian akhirnya terdiri dari 4 exams dan 1 proposal, fiuuuh.
  3. Dosen. Kalau nggak suka sama dosennya, seringnya bakal susah buat ngerti penjelasannya, karena kita kualat kalo jelek hati kayak gitu, hehe. Usaha yang saya lakukan buat mengenal lebih dulu dosennya diantaranya dengan bertanya pada teman-teman yang sebelumnya pernah mengambil paper tersebut. Selain itu, saya juga mengintip profil berikut foto mereka di website uni, kemudian saya rasakan dan bayangkan kalau saya akan menghabiskan waktu selama satu semester dengan sosok-sosok ini.

Dan bismillah, sayapun enrolled di ketiga papers tersebut di atas.

Political Psychology. Dosennya lulusan UCLA (salah satu kampus impian saya!) dan tampak masih muda. Tiap masuk kelas beliau pasti bawain biscuit untuk diestafetkan ke seantero kelas (yang jumlah students-nya nggak lebih dari 16 orang). Bobot penilaian partisipasi di kelas juga fair karena semua orang dikasih kesempatan buat berkontribusi, jadi nggak ada istilah ada yang mendominasi kelas dan sebaliknya. Hal ini membuat saya juga mendapat jatah ngomong yang cukup karena kalau nggak dikasih kesempatan begitu, belum tentu saya mampu ‘membaur’ di diskusi kelas. Kebiasaan saya sebelum masuk kelas adalah bikin minuman cokelat panas untuk nantinya diseruput di sela waktu kelas, bisa bikin saya lebih tenang pas ngerasain tegang sebelum ngomong. Tegang? Iya, tegang. Saya baru ngerti istilah jago kandang setelah ngerasain ternyata susah juga ngomong di luar zona nyaman kita: menggunakan bahasa asing, jadi minoritas, dan belum kenal dekat sama semua teman sekelas.

Research Topic. Paper ini udah saya kecengin sejak semester pertama, tapi baru kesampean di semester ini pas supervisor masterku juga ngerekomendasiin paper ini as a foundation for my thesis. Alhamdulillah. Paper ini berbobot 30 points (lebih besar dari kedua papers lainnya) sekaligus ngasih waktu paling fleksibel karena kita sendiri yang ngatur waktunya. Meskipun fleksibel, saya beruntung dapet supervisor yang bener-bener peduli dan minta laporan progress setiap minggunya, jadinya saya nggak nyantai kebablasan.

Psychology of Death and Dying. Dosennya lulusan Oxford (too tempting to not mention it, one of my dream campus too, obviously!) dan berhasil bikin saya terharu-terpacu dengan cara beliau mengekspresikan keterkaitan tindakan saya dengan kematian ayah saya melalui kata-kata. Dari awal masuk kelas udah dibikin berbunga-bunga dengan dikasih flashdisk berisi materi kelas, bertuliskan nama kita sendiri. Meskipun agak sulit memahami penjelasan dosennya yang cepet banget ngomongnya, tapi karena anggota kelasnya cuma 12 orang, suasananya jadi lebih santai dan kita bisa dengan bebas minta penjelasan beliau lebih lanjut lagi. Saya bukan cuma belajar tentang perilaku manusia terkait kematian, tapi tentang se-tidak-jelas-gimana-pun kamu ngomong (baca: ngomong kecepetan, dll), kamu masih bisa bikin mahasiswa kamu paham dengan segala cara. Hehe, ini cuma pembenaran saya karena ngomong saya cepet, tapi insyaAllah saya akan terus berusaha latihan supaya temponya lebih normal.

Alhamdulillah akhirnya saya berhasil menyelesaikan studi PGDip saya (with Merit! Hehe) dan diperkenankan untuk melanjutkan Master. Tapi karena ceritanya masih bersambung, nggak seru kalau nggak ada sesuatu yang bikin tegang dan penasaran untuk lihat kelanjutannya: karena proses enrollment yang lambat, maka proses pembayaran tuition fees ikut tersendat. Hal ini bisa berpengaruh pada proses pengajuan renew visa saya yang expired seminggu lagi, dan resiko terbesarnya, enrolment saya dibatalkan. Allah memang tidak akan membiarkan hambaNya berleha-leha, supaya terus menggantungkan diri padaNya, terus ingat padaNya, dan terus meminta tolong padaNya. Karena berbagai usaha sudah saya lakukan, mulai dari mengirim email ke universitas dan orang-orang yang terlibat di dalamnya, ke LPDP, ke imigrasi, dst. Sekarang tinggal memasrahkan semuanya pada Allah. Tegang, iya. Tapi Allah lebih suka kita tegang lalu ingat padaNya, ketimbang santai dan jadi lupa tentangNya. Lahaula wala quwwata ila billah.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Komik

Saya pengunjung setia onemanga , tetapi saat ada kabar kalo web itu akan segera RIP karena ga boleh nampilin komik gratis. Saya segera kebingungan dan konsultasi ke Mbah Google . Saya mendapatkan web manga gratisan yang bisa mendownload lebih praktis, karena sekali download untuk 1 volume. Saya mewakili pecinta One Piece yang lain sangat berterima kasih. Saya bukannya mendukung gratisan, karena saat saya punya dokunya juga saya koleksi tuh komiknya. Tapi kalo kepepet dan penasaran saya ga bisa dibendung lagi, apamau dikata.. :-) Website yang baik hati ini yaitu Manga Traders . Tapi sebelumnya kita harus mendaftar dulu dengan klik disini . Hidup Komik dan Manga!!!

Dan Ku Bisa dengan Radarku Menemukanmu, LPDP

Sudah saya bilang sebelumnya kalau Pembibitan itu bukan awal dari perjalanan saya tapi ia adalah awal dari ketetapan hati saya untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Sebelumnya saya sudah memastikan bahwa saya akan bersekolah di dalam negeri saja, mengingat kondisi saya yang sudah “turun mesin”. Padahal sebelumnya lagi, sejak kecil saya menggebu-gebu ingin sekolah ke luar negeri, sampai saya mengoleksi lirik lagu bahasa Inggris (catat, bukan kaset atau CD-nya, melainkan catatan liriknya, haha), beraniin diri datang ke pameran sekolah Kanada di hotel bintang lima yang notabene di tahun itu masih langka dan yang hadirnya itu orang kaya semua, ikutan kursus bahasa Inggris yang murah bareng temen se-geng, nangis-nangis pengen kursus bahasa Inggris yang bonafid dan mahal tapi nggak diizinin Ibu Suri (tapi Alhamdulillah akhirnya dapat kesempatan ikut Pembibitan) dan sampai di awal kuliah: majang foto gedung departemen psikologi-nya Stanford University di wallpaper netbook (meski sampa

My Second Scientific Performance: 8th World Congress of Behavioural and Cognitive Therapies 2016

Sejak awal kuliah master di pertengahan 2014 lalu, saya udah mulai hunting conferences yang kira-kira bisa saya coba untuk daftar. Perburuan tersebut terus berlangsung sampai 2015. Salah satu ketentuan pembiayaan LPDP adalah at cost tapi tidak lebih dari Rp 15.000.000,- Saya berburu lebih kencang lagi karena kalau Eropa, US, dan negara lainnya, 15juta mungkin hanya cukup untuk tiket pesawat saja. Salah satu alternatif lokasi paling realistis adalah Australia, negara terdekat dari New Zealand. Mulailah saya fokus mencari events di negeri kangguru itu, dan menemukan informasi the 8th World Congress of Behavioural and Cognitive Therapies (WCBCT) yang akan diadakan di Melbourne. Event lain yang saya pertimbangkan adalah The 23rd Congress of the International Association for Cross-Cultural Psychology di Nagoya, Jepang. Tapi kongres tersebut akan dilaksanakan di tanggal yang melewati masa kontrak beasiswa saya dengan LPDP. Maka fokuslah saya terhadap WCBCT dan berdoa sekuat tenaga semoga All